I'M Keven Feil

Graphic Designer . Web Developer . Photographer

Kamis, 13 September 2018

Internet Of Things (IoT)

Internet Of Things (IoT)


Internet of things (IoT) telah menjadi topik perbincangan
yang semakin meningkat dan berkembang. Konsep ini tidak hanya memiliki potensi untuk memberikan dampak pada bagaimana kita hidup tetapi juga berdampak pada bagaimana kita bekerja.
Tetapi, apa itu "Internet of things" dan apa dampaknya pada kita ?
"Internet of things" merupakan hal yang sangat kompleks tetapi disini saya akan membahas dasar dari "Internet of things" itu sendiri.
Banyak perbincangan tentang kebijakan dan teknik dari "Internet of things" tapi masih banyak orang yang belum mengerti apa sebenarnya yang IoT itu sendiri..

Mari kita mulai dengan beberapa hal

Internet sekarang menjadi lebih luas dan mudah di akses, harga penyambungannya menurun, perangkat yang kapabel dengan fitu Wi-fi dan sensor semakin banyak, harga teknologi menurun dan penjualan smartphone meroket. Hal ini menjadikan batu loncatan yang sempurna untuk Iot.


Apa itu Internet of Things ?


Sederhananya, ini ada konsep dimana menyambungkan perangkat dengan saklar untuk menyalakan dan mematikan pada internet(ataupun sebaliknya).
Hal ini meliputi semua perangkat dari handpone, coffee makers, mesin cuci, headphone, lampu, perangkat yang dapat digunakan dan hampir semua hal yang kita pikirkan.
Hal ini juga berlaku pada komponen dalam mesin, contohnya mesin jet pada pesawat dan bor pada alat pengebor minyak. Seperti tadi yang saya tuliskan tadi, apapun yang memiliki tombol on dan off maka ada kemungkinan hal itu bisa menjadi bagian dari IoT. Seorang analisis perusahaan Gartner mengatakan pada tahun 2020 akan ada lebih dari 26 milyar perangkat yang akan  tersambung.

Akan ada banyak koneksi(beberapa bahkan memperkirakan lebih dari 100 milyar).
IoT adalah jaringan raksasa dari koneksi "objek" (yang juga mencakup manusia). Hubungan antara manusia-manusia, manusia-perangkat, dan perangkat-perangkat.

Apa Dampak dari Internet of Things ?


Ada aturan baru yang akan berlaku di masa depan, " Apapun yang dapat terkoneksi, maka akan terkoneksi/tersambung." Tapi kenapa kita ingin menyambungkan banyak perangkat untuk saling terhubung ? banyak contoh yang dapat kita lihat.
Contohnya, kamu dalam perjalanan menuju rapat, mobilmu dapat mengakses kalender dan akan tahu jalan tercepat dan terbaik untuk dilewati. jika terjadi kemacetan mobilmu dapat mengirim pesan kepada peserta rapat, bahwa kamu akan terlambat.
Bagaimana jika alarmmu membangunkanmu pada jam 6 pagi, dan memberitahu coffee makermu untuk membuat kopi untukmu ?

Untuk skala yang lebih luas, IoT dapat di aplikasikan dengan jaringan transportasi yaitu "smart city" yang dapat membantu dalam mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi untuk hal-hal seperti penggunaan energi, ini membantu kita mengerti dan meningkatkan bagaimana kita bekerja dan hidup. Lihat gambar dibawah untuk contoh Ssmart City"


https://www.forbes.com/sites/jacobmorgan/2014/05/13/simple-explanation-internet-things-that-anyone-can-understand/#402aa9901d09

Realitanya IoT dapat memberikan kesempatan dan koneksi yang hampir tanpa henti berlangsung, banyak manfaat yang kita belum dapat mengerti hari ini. Tidak susah untuk melihat bagaimana dan mmengapa IoT sekarang menjadi perbincangan hangat sekarang; Pastinya ini akan membuka banyak peluang tetapi juga memiliki berbagai rintangan. Keamanan adalah hal yang paling sering dikatikan dengann ini, apa yang harus kita lakukan untuk memastikan informasi kita tetap aman ? Akankah seseorang dapat meng-hack pemanggangmu dan dengan demikian mendapatkan akses ke seluruh jaringan ? IoT juga membuka peluang untuk terancamnya perusahaan di seluruh dunia. Kemudian kita memiliki masalah dengan privasi. bayangkan bagaimana perbincangan dan kekhawatiran akan meningkat ketika milyaran perangkat terhubung.

Kesimpulannya


Internet of Things (IoT) dibicarakan hampir seluruh dunia, seperti yang ingin kita pahami apa dampaknya bagi kehidupan kita. Kita juga mencoba untuk mengerti tentang banyak peluang dan berbagai masalah yang akan terjadi ketika semakin banyak perangkat yang mulai bergabung dalam IoT. Untuk sekarang yang terbaik kita lakukan adalah belajar tentang apa itu IoT dan apa dampak yang akan kita dapatkan tentang bagaimana cara kita bekerja dan hidup.


Source : http://teknogik.blogspot.com/

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

What clients say

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia