I'M Keven Feil

Graphic Designer . Web Developer . Photographer

Kamis, 13 September 2018

Apa itu Virus Ransomware ?

Apa itu Virus Ransomware ?


Ransomware adalah suatu program komputer yang menggunakan dokumen korban sebagai tawanan dengan algoritma enkripsi khusus. Dokumen yang terkunci tidak dapat diakses kecuali dengan izin atau kode dari penyebar virus ini.

Penyebar ransomware akan meminta uang tebusan dalam bentuk Bitcoin agar dokumen ini dapat diakses kembali. Dan mengancam akan menghapus dokumen, apabila tidak membayar uang tebusan.


Virus ransomware menjadi terkenal pada tahun 2016, menjadikan virus ini sebagai harta karun bagi penjahat cyber. Berdasarkan penelitian, sekarang virus ransomware menargetkan bisnis dan perusahaan dengan uang tebusan yang cukup besar.

Fakta Virus Ransomware


1. Serangan virus ransomware meningkat tiga kali lipat pada tahun 2016
2. Dilaporkan uang tebusan yang harus di bayar sekitar 17 ribu dollar sampai dengan 150 ribu dollar amerika
3. Lebih dari 4 ribu serangan virus ransomware setiap harinya mulai pada tahun 2016

4 Tipe Virus Ransomware 

Berikut 4 tipe virus ransomware yang biasanya digunakan untuk mengambil keuntungan dari uang tebusan

1. Erebus

     Virus ransomware tipe ini secara khusus menyerang sistem operasi windows, cara kerjanya yaitu dengan meng-enkripsi data dan file. Permintaan uang tebusan dari pelaku dikirimkan melalui situs web dan meminta uang tebusan sampai dengan 90 dollar per file.

2. Locky

    Tipe ini, hanya dikirimkan melalui email, dan akan meng-enkripsi file dan mengganti jenis file dengan .locky , untuk mengambil alih kembali file tersebut, pelaku akan menukarkannya dengan 1 bitcoin.

3. Killdisk 

    Tipe ini pertama kali di desain untuk menghapus perangkat keras dengan utuh. Sejak itu virus ini diadaptasikan agar dapat meng-enkripsi data dan akan meminta uang tebusan sebesar 222 bitcoin.

4. Cerbes

    Tipe ini hampir sama dengan tipe locky, bedanya virus ini mengganti jenis file atau ekstensinya menjadi .cerbes, dimana virus ini meminta uang tebusan yang harus dibayar dalam 7 hari dan pada saat yang bersamaan virus ini akan berlipat ganda.

Cara Pencegahan Virus Ransomware

1. Back up file anda secara teratur
2. Hati-hati dengan email yang mencurigakan
3. Lakukan pengaturan agar supaya ekstensi file anda terlihat sebagai pencegahan
4. Beritahu keluarga dan teman teman anda bahwa bahaya akan virus ini.


Source : http://teknogik.blogspot.com/

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

What clients say

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia